bola88 judi online

Hasil Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2018 : Gol Tunggal Samuel Umtiti Bawa Perancis ke Final

Hasil Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2018 : Gol Tunggal Samuel Umtiti Bawa Perancis ke Final

Perancis sukses melenggang ke Final Piala Dunia 2018 setelah dinihari WIB tadi berhasil menang atas Belgia dengan skor tipis 1-0. Tandukan Samuel Umtiti memanfaatkan sepak pojok Griezmann menjadi satu-satunya gol yang terjadi dalam laga tadi. Ini merupakan Final ketiga bagi Perancis setelah sebelumnya pada tahun 1998 dan 2006.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit pertama, kedua tim sudah lancarkan intensitas serangan masing-masing. Belgia yang lebih banyak menguasai bola memiliki peluang lewat kapten Eden Hazard pada menit ke-16. Tendangan dari dalam kotak penaltinya masih mengenai kepala pemain Perancis dan bola sedikit melebar ke kanan Hugo Lloris. Lloris juga menjadi penyelamat ketika tendangan Alderweireld pada menit ke-22 berhasil ditepis dan menghasilkan sepak pojok. Trio Griezmann, Mbappe, Giroud pun bukannya tanpa peluang. Buruknya penyelesaian akhir menjadikan peluang Perancis tidak begitu berbahaya untuk Courtois. Barulah pada menit ke-40, bek kanan Benjamin Pavard hampir mencetak gol andai tendangan dari jarak dekatnya tidak mengenai kaki dari Courtois. Alhasil tendangannya pun masih sedikit melebar. Skor kacamata 0-0 menutup jalannya babak pertama

Gol yang ditunggu suporter Perancis akhirnya datang setelah enam menit babak kedua berjalan. Tembakan Giroud yang masih mengenai pemain Belgia membuat Perancis mendapatkan sepak pojok. Griezmann yang menjadi eksekutor berhasil mengirimkan umpan yang mampu dituntaskan oleh Samuel Umtiti. Sundulannya yang tidak berhasil dihalau Courtois membuat skor berubah menjadi skor 1-0. Gol Umtiti ini pun menyamai catatan tiga bek yang berhasil mencetak gol pada Piala Dunia pada tahun 1998.

Tak ingin kalah, Belgia keluar melancarkan serangan. Marouane Fellaini yang mendapat umpan silang berhasil menyundul bola namun masih sedikit melebar di sisi kanan gawang Lloris. Axel Witsel yang mencoba melalui tendangan jarak jauhnya juga masih bisa digagalkan kiper Tottenham Hotspurs ini. Tidak ada gol tercipta lagi bagi kedua tim di sisa waktu, Belgia harus mengakui keunggulan Perancis 1-0.

Statistik mencatat bahwa Belgia menguasai pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 60%, namun sayangnya hanya berhasil membuat 9 kesempatan gol. Berbeda efektif yang ditunjukkan Perancis yang hanya mendapatkan 40% penguasaan bola namun membuat 19 peluang gol dengan. Selain itu penampilan kedua kiper patut mendapat apresiasi karena Lloris membuat 3 saves sedangkan Courtois sedikit lebih banyak dengan 4 saves.

Atas hasil ini, Dider Deschamps merupakan pelatih pertama yang mampu membawa Perancis lolos final dalam turnamen akbar unuk dua kalinya secara berturut (Euro 2016 dan Piala Dunia 2018). Sedangkan Roberto Martinez menambah panjang daftar pelatih asing yang gagal membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia. Karena sejak edisi pertama pada tahun 1930, belum ada pelatih asing dari negara tersebut untuk dibawanya meraih gelar juara.

 
 

Share this Post