Menurut Hughes, Manchester City Belum Layak Sebagai Tim Terbaik Dunia

Menurut Hughes, Manchester City Belum Layak Sebagai Tim Terbaik Dunia

Manchester City baru saja memecahkan rekor di Premier League, beberapa torehannya seperti jumlah gol terbanyak, kemenangan terbanyak bahkan akumulasi poin hingga 100 sepanjang musim. Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan, namun hal tersebut belum membuat Mark Hughes menempatkan anak asuhan Pep Guardiola sebagai tim terbaik di dunia.

Hughes merupakan mantan manajer Manchester Biru sebelumnya, dimana memang tidak bisa melangkah seperti yang ada sekarang. Namun menurut Hughes, The Citizen lebih dari mampu untuk menambah trofi dari kompetisi luar. Bukan hanya mendominasi kompetisi lokal saja, seperti Liga Inggris.

Kini memang City mendominasi dan menjadi tim superior, Hughes mengatakan jika ini belum cukup untuk menjadi tim terbaik di dunia, perlu trofi Eropa. Ini pembuktian jika sudah setara dengan klub besar lainnya seperti Manchester City dan Arsenal.

Berhasil mendapatkan double gelar di kompetisi domestik, sebaiknya tidak membuat City besar kepala, perjalanan masih panjang untuk menjadi tim terbaik. Memang ini menjadi musim kejayaan bagi Guardiola, berhasil mengantarkan kemenangan mutlak dengan berada di puncak klasemen beberapa pekan. Bahkan memecahkan rekor sebagai tim yang mendapatkan kemenangan hingga 30 lebih pertandingan.

Artikel Lain: Bursa Transfer – Rencana Kepindahan Wayne Ronney ke MLS

Secara total, City berhasil mencetak 105 gol, kemenangan hingga 32 laga dan hanya dikalahkan dua kali saja, sisanya berhasil membagi rata poin. Sudah pasti ini membuat Guardiola menjadi salah satu arsitek di lapangan yang paling berpengaruh, bahkan sebelumnya City tidak memimpikan bisa tampil sebagai pemenang.

Memang kurang beruntung di Liga Champions, karena harus ditahan oleh Liverpool pada babak perempat final. Hal ini menunjukkan jika City memang belum bisa disetarakan dengan klub besar dalam satu kota, seperti Manchester United.

Hughes bahkan menegaskan, jika masih menjadi awal kejayaan dari Manchester City, ada banyak lagi posisi yang harus didapatkan, seperti sepakbola di Eropa bahkan Dunia. Manchester City bahkan belum bisa disamakan dengan Manchester United, Real Madrid dan Barcelona, ini masih terlalu dini.

Namun hal ini tidak lantas membuat Hughes menjatuhkan mantan anak asuhannya, dikatakan jika Manchester City belum pantas sebagai tim terbaik dunia. Perjalanan masih sangat panjang, ini hanya permulaan, butuh kerja keras dan waktu yang akan membuktikan segalanya. Hal yang paling penting, minimal bisa mempertahankan kemenangan di musim mendatang.

Hughes memang tidak terlalu lama bersama City, hanya pada musim 2008 hingga Akhir 2009 saja. Kemudian digantikan oleh Roberto Mancini yang bisa mengantarkan The Citizen pada trofi pertama Premier League.

Inilah yang menjadi awal mula, Manchester City jadi tim yang disegani di Premier League, bahkan mulai berani ikut dalam kompetisi di luar Inggris. Bahkan dikatakan oleh Hughes, saat bersama Manchester City di awal, memang hanya tim tengah klasemen Liga Inggris saja, bisa jadi delapan tahun lalu, namun kini sudah sangat berkembang, ini kemajuan yang sangat bagus.

Hughes bahkan memberikan pesan, jika Manchester City ingin setara dengan klub besar Inggris, seperti Manchester United, Liverpool dan Arsenal. Maka membutuhkan kerja keras dan usaha lebih, minimal harus bisa bertahan dengan posisi sekarang hingga 10 tahun lagi, maka bisa jadi akan mendominasi Premier League dan Piala Eropa.

Sudah pasti ini bukan hal mudah, pasalnya ada beberapa tim yang akan mencoba menghentikan dominasi tersebut, Livepool sudah mulai bangkit dengan Jurgen Klopp dan Jose Mounrinho tentu akan berambisi mendapatkan trofi pada setiap kompetisi bergengsi di Inggris di musim mendatang.

 
 

Share this Post